Rabu, 28 Januari 2009

STUDY BANDING LMDH WANA TANI TEMULUS


Upaya mencari perbandingan kondisi dan dinamika Lembaga masyarakat desa hutan yang berada di luar wilayah kerja Perhutani KPH Randublatung dilakukan oleh LMDH Wana Tani Desa Temulus dengan cara melakukan study banding di KPH Kedu Selatan tepatnya di KPH Purworejo dengan mengunjungi LMDH Sedyo Rahayu Kecamatan Loano dan LMDH Mayungsari Kecamatan Bruno.

Study banding tersebut bertujuan untuk melakukan penjajagan dibidang budidaya tanaman dibawah tegakan usaha produktif anyaman bambu, perikanan air tawar, serta pembudidayaan kambing etawa.

Dari kunjungan tersebut yang membuat ketertarikan lembaga masyarakat desa hutan Wana Tani adalah adanya kebijakan desa yang diterapkan pada semua anggota masyarakat ( anggota LMDH ) Sedayu berupa pemeliharaan lingkungan hidup dengan cara menjaga keutuhan kawasan hutan serta sumber air yang ada pada desanya.
” Bagi Kami LMDH adalah merupakan asset Desa sehingga jika LMDH tersebut maju maka desa yang menjadi tempat tumbuh LMDH Sedyo Rahayu ini akan maju pula “ hal tersebut dikatakan oleh Drs.KH Kosim yang menjadi Ketua LMDH Sedyo Rahayu sekaligus Kepala Desa Sedayu tersebut. Lebih lanjut dikatakan bahwa untuk menjadikan LMDH maju kuncinya hanya sederhana yaitu Jangan meminta bantuan ke Pihak lain dan terus berupaya melakukan inovasi terhadap potensi desa yang kita miliki . Sedangkan adanya peraturan Desa yang mewajibkan semua anggota masyarakat desa Sedayu untuk tetap berusaha menjaga lingkungan yang salah satunya menjaga kebersihan sungai dari segala jenis sampah/ limbah rumahtangga, bebas dari pestisida dan lain – lain dilakukan oleh pihak Desa dengan dasar musyawarah dan kesepakatan warga desa Tambahnya.

Mengenai budidaya tanaman dibawah tegakan yang rencananya akan diadopsi ke Desa Temulus, pihak LMDH Sedyo Rahayu merasa sangat senang dan siap membantu tersedianya bibit empon – empon tersebut, namun Kosim mewanti – wanti bahwa dalam melakukan budidaya tersebut masyarakat desa hutan tumulus hendaknya agar melakukan dengan sepenuh hati dengan tujuan selain untuk mencari penghasilan dari kawasan hutan juga sekaligus menjaga hutan agar bisa lestari sesuai dengan tujuan semula yaitu melestarikan hutan yang dilakukan bersama antara masyarakat dan Perhutani.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda