Senin, 11 Agustus 2008

SAKA WANABAKTI RANDUBLATUNG


SWB RANDUBLATUNG, LATIHAN BUDIDAYA LEBAH MADU

Perlebahan merupakan salah satu mata ajaran yang harus ditempuh oleh setiap anggota Saka Wanabakti untuk mencukupi persyaratan Tanda Kecakapan Khusus ( TKK ), dimana dalam perolehan Tanda Kecakapan Khusus tersebut mencakup bidang Krida Bina Wana, Tata Wana, Guna Wana, dan Reksawana dari keempat krida tersebut yang salah satunya adalah pendalaman materi perlebahan.
Dari adanya pelatihan tersebut angota Saka Wanabakti diharapkan bisa mengetahui tentang masalah perlebahan mulai dari pengadaan bibit lebah, penyediaan stup lebah, budidaya lebah sampai dengan pemanenan hasil budidaya berupa madu yang dihasilkan.
Terkait dengan hal tersebut untuk mengisi masa liburan bagi angota Sakawanabaktipangkalan khusus Randublatung sebanyak 20 orang telah melakukan pelatihan bersama dengan anggota Saka wanabakti Pati khusus bidang perlebahan, Perum Perhutani KPH Randublatung selaku institusi yang mempunyai tanggungkjawab membina Generasi muda melalui Pramuka Saka Wanabakti menjembatani untuk melakukan proses pembelajaran tersebut.
Carilah Ilmu sampai kenegeri cina, demikian bunyi kalimat yang sering digunakan dikalangan pengajar untuk memberikan motivasi kepada anak didiknya, hal tersebut tentunya juga berlaku bagi anggota Sakawanabakti Pangkalan khusus Randublatung untuk menimba ilmu perlebahan di BKPH Regaloh KPH Pati, walaupun jauh namun tetap ditempuh juga karena ilmu tersebut nantinya bisa dipergunakan untuk bekal hidup dimasa mendatang. Seperti satuan Karya Pramuka lain yang ada di Indonesia, dalam SakaWanabakti juga dikenalkan dengan perbagai macam kegiatan yang ada sangkut pautnya dengan masalah kehutanan, sebab tujuan utama adanya pembinaan Pramuka dilingkungan Perhutani adalah untuk mendidik generasi muda agar tahu dan paham akan masalah kehutanan, cinta lingkungan serta menjadi pelopor dibidang lingkungan hidup dikalangan remaja, selain diberikan pula bekal – bekal ilmu lain yang ada kaitannya dengan pembentukan mental generasi muda.
Dari adanya pembekalan berbagai ilmu tersebut salah satunya adalah budidaya lebah madu yang merupakan salah satu bidang yang dipelajari dalam ke saka an dalam organisasi Saka Wanabakti. ( Andan.S )

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda