Jumat, 18 Juni 2010


KPH RANDUBLATUNG :

PENYERAHAN DANA SUBSIDI SILANG SHARING 2009

Dana sharing produksi yang diberikan oleh Perum Perhutani terhadap Lembaga Masyarakat Desa Hutan ( LMDH) bukan merupakan dana yang bersifat cuma – Cuma , namun dana tersebut diharapkan bisa membuat lembaga masyarakat desa hutan bisa menjadi mandiri dan muaranya membawa masyarakat sejahtera sehingga hutan yang ada dalam pangkuan desa tersebut bisa lestari.
Asosiasi LMDH Wahana Makarti wana Randublatung dalam mengelola dana sharing tahun 2009 telah memberikan subsidi silang terhadap LMDH yang menerima pembagian sharing sedikit atau LMDH yang tidak memperoleh sharing produksi, adapun tujuan pemberian subsidi silang tersebut selain untuk mewujudkan semangat kebersamaan antar LMDH juga sebagai dana stimulant untuk melakukan usaha produktif LMDH sehingga bisa mandiri tanpa menggantungkan Perum Perhutani.
Hal tersebut dikatakan Administratur Perum Perhutani KPH Randublatung Ir.Tri Setya Pratama pada saat menyerahkan dana subsidi silang bagi LMDH yang ada diwilayah kerjanya, lebih lanjut dikatakan bahwa dengan sistim PHBM Perhutani mengajak masyarakat desa hutan melalui lembaga tersebut untuk ikut menjaga kelestarian hutan dengan cara ikut membantu mensukseskan program yang ada, selain itu kewajiban LMDH dengan adanya pembagian sharing tersebut adalah menjaga hutan yang menjadi pangkuannya agar tetap aman “ kami titipkan kepada lmdh mengenai keadaan tersebut dan yang paling penting adalah kesuksesan tanaman harus kita dukung bersama antara Perhutani dan masyarakat desa hutan sehingga kedepan bisa menjadikan Perhutani menjadi yang terbaik tumbuh bersama dengan masyarakat desa hutan.
Terkait dengan pembagian sharing tersebut Ir Tri Setya Pratama nengingatkan bahwa tugas yang paling penting bagi pengurus LMDH adalah memberitahukan kepada masyarakat bahwa ada bantuan dari perhutani bagi desanya yang dimanfaatkan untuk pembangunan sarana ibadah, pendidikan, jalan dan sebagainya, sehingga mereka tahu bahwa sharing dari Perhutani memang betul – betul ada dan sampai di masing – masing LMDH. Ini menjadi tugas pengurus dan bukan lagi Perhutani yang bicara pada masyarakat ,tegasnya.
Dalam kesempatan tersebut ketua Asosiasi LMDH Wahana makarti wana Bambang Kiswanto juga menegaskan bahwa penggunaan dana sharing dilapangan memang dialokasikan untuk berbagai macam keperluan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing desa sehingga bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Bambang mewanti – wanti bahwa penggunaan dana sharing tersebut dalam aturan administrasinya harus jelas dan rapi sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat oleh asosiasi, sehingga apabila ada audit keuangan akan bisa terbaca dengan mudah.
Pada kesempatan yang sama, Bambang kiswanto juga menyampaikan bahwa nantinya dana sharing yang diterima oleh lmdh melalui Asosiasi juga akan dialokasikan untuk membantu biaya operasional pendidikan yang selama ini dikelola oleh YTRP Randublatung, sehingga bisa membantu kelancaran operasional dalam mengelola sekolahan yang menjadi binaan yayasan tersebut. “ untuk saat ini

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda