Senin, 03 Agustus 2009


PELATIHAN PEMBERANTASAN BENALU

Tanaman benalu ( loranthus Sp ) merupakan tanaman parasit yang mampu beradaptasi pada hampir semua jenis tanaman dan dalam segala cuaca, tak terkecuali juga menyerang tanaman jati ( Tectona grandis ) baik yang masih muda maupun pada tegakan tua. Karena bersifat parasit pertumbuhan benalu apabila tidak dikendalikan dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman inangnya.
Menyikapi hal tersebut Perum Perhutani KPH Randublatung telah mengadakan pelatihan kepada para petugas lapangan mengenai cara – cara pemberantasan benalu yang menggangu tanaman jati. Menurut Administratur Perum Perhutani KPH Randublatung Ir.Ahmad Ibrahim Msc tanaman benalu ini memang ada dibeberapa lokasi namun belum menjadi ancaman serius bagi tegakan jati karena serangannya berkelompok, namun pihaknya secara dini telah melakukan antisipasi penanggulangan benalu, salah satunya dengan memberikan pelatihan kepada para petugas lapangan.
Pemberantasan penyakit ini tujuan utamanya adalah menyelamatkan tegakan dari serangan benalu , selain itu juga mempunyai tujuan pokok adalah memperoleh tegakan yang sehat dan bebas penyakit maupun hama sehingga nantinya apa akhir daur bisa didapatkan mutu dan jumlah kayu sesuai yang diinginkan. Adapun metode yang dipakai dalam pemberantasan benalu dilapangan nantinya adalah memangkas cabang / ranting yang terkena serangan dengan menggunakan parang / gergaji , lalu benalu tersebut dikumpulkan dan dibakar agar tidak menyebar pada tanaman lain.
Pelatihan yang dipandu oleh Petugas dari KPH Randublatung serta lembaga Tropical Forest Trust mengenai pemberantasan penyakit tersebut diikuti oleh segenap Asper/KBKPH, KRPH yang wilayahnya terdapat serangan benalu serta para mandor pemeliharaan.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda