Selasa, 10 November 2009


PEMBINAAN KARYAWAN

Jajaran manajemen Perum Perhutani KPH Randublatung dalam upaya memotivasi karyawan telah melakukan pembinaan bidang kepegawaian baik ditingkat lapangan maupun pada staf pelaksana yang berada pada lingkungan kantor.
Hal tersebut dikatakan oleh wakil Adm Wilayah Selatan Untoro Tri Kurniawan ,selaku ketua Tim Kepegawaian di KPH Randublatung. Dijelaskan bahwa pembinaan karyawan yang dilakukan tersebut memang berbeda antara karyawan lapangan dan lingkungan kantor namun pada prinsipnya sama yaitu untuk meningkatkan kinerja pada masing – masing bidang pekerjaannya. Peningkatan kinerja tersebut salah satunya adalah melalui peningkatan disiplin, penguasaan pekerjaan, etika bekerja, serta kemampuan dalam pelayanan, dan kepedulian karyawan. Sedangkan sasaran pembinaan ini kami lakukan kepada semua jajaran bagian Kesatuan pemangkuan Hutan ( BKPH ) yang ada di wolayah kerja Perhutani KPH Randublatung sebanyak 12 BKPH dan kantor KPH sendiri. Khusus untuk jajaran karyawan dilapangan memang kami tekankan pada peningkatan serta penguasaan lapangan, hal ini penting karena dengan menguasai lingkungan kerjanya secara langsung petugas lapangan juga akan tahu situasi dan kondisi tempat kerjanya dari berbagai masalah teknis dan sosial. Jelasnya. Sebagai contoh seorang penjaga hutan ( polisi teritorial ) dalam melakukan pekerjaan sehari – hari harus tahu potensi apa pada kawasan yang dijaganya, kemudian peralatan apa yang diperlukan pada saat bekerja serta hal – hal lain yang terkait dengan aktivitasnya selama sehari dan itu harus dicatat dalam buku saku yang dibawanya , sehingga apabila ada terjadi sebuah kejadian bisa diantisipasi sedini mungkin, demikian juga terhadap petugas lapangan pada bidang pekerjaan lain misalnya tanaman, pemeliharaan serta bidang produksi.
Sementara untuk karyawan yang aktivitasnya berada dikantor baik kantor BKPH maupun KPH Randublatung , hal yang harus dikuasai adalah jenis pekerjaan apa yang dilakukan serta ketepatan tata waktu penyelesaian pekerjaan sehingga tidak terjadi ketimpangan dalam hal pekerjaan lapangan dengan administrasinya.
Harapan adanya pembinaan tersebut tentunya agar semua program manajemen yang telah direncanakan bisa dilakukan secara efektif dan efisien sesui dengan target Perusahaan. Jelas Untoro Tri kurniawan.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda